TUHAN ITU JAHAT

Sebab Tuhan suka menghukum umatnya.

Begitulah pesan yang saya tangkap dari segala macam sinetron (yang seharusnya) ber-genre religius. Mereka yang nggak mau mengikuti jalan Tuhan akan mati dengan mengerikan. Lebih mengerikan lagi, sebelum mati tubuhnya akan dipenuhi belatung atau tiba-tiba dipenuhi bisul bernanah berbau busuk. Tak jarang digambarkan lidahnya terjulur tanpa bisa kembali lagi atau menjadi mayat kering tanpa pernah benar-benar mati. Saya jadi bingung, apa bedanya azab Tuhan dengan guna-guna istri muda?

Hal serupa juga umum muncul pada saat bencana alam terjadi. Kalimat populer yang kerap diucapkan adalah “Tuhan sedang murka,” Buat saya kalimat itu menguatkan kesan bahwa Tuhan memang jahat banget! Lalu apa kabar dengan hal yang selalu diulang-ulang dalam doa? Yaitu bahwa Tuhan itu maha pengasih dan maha penyayang?

Saya cuma berharap bahwa orang-orang (kayak saya yang nilai agamanya payah) nggak malas lagi mencintai Tuhan. Sebab Dia gak jahat. Dia gak pernah mengguna-guna umatnya. Dia juga gak mudah murka seperti perkiraan kita. Justru sebaliknya, Dia selalu membantu umatNya untuk mengubah diri menjadi lebih baik. Seperti Darth Vader, kita cenderung berpaling ke sisi gelap yang memang terlihat lebih menarik.

Dan bukankah hidup jadi lebih mudah kalau kita mengerjakan segala sesuatu karena mencintaiNya ketimbang karena membenciNya atas segala hukuman versi sinetron itu?

Advertisements